Saturday, January 5, 2013

iOS 6 munculkan gebrakan baru di industri teknologi



Apple mengklaim ada lebih dari 200 fitur baru pada sistem operasi yang bisa dijalankan mulai September mendatang berbarengan dengan peluncuran iPhone 5. Namun, mengutip laporan situs teknologi Computer World, perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini hanya melakukan sedikit pembaruan.

Dari hasil pembedahannya setidaknya ditemukan lima "wujud" signifikan yang membedakan iOS 6 dengan pendahulunya, iOS 5. Berikut ini ulasannya.

SIRI
Sistem pribadi bernama Siri kini memiliki database yang lebih kaya. Ia bisa menjawab informasi soal film yang berlangsung di bioskop lokal. Selain itu, Siri memberikan pengetahuan tentang aktor dan sutradara film tersebut.

Aplikasi yang dapat diajak bicara ini bisa memberi tahu soal skor pertandingan olahraga, jadwal pertandingan, dan profil pemain. Ia pun mampu merekomendasikan restoran terbaik melalui dukungan layanan Yelp, dan memesan tempat makan melalui Siri Visual Interface.

Saking cerdasnya, Apple berambisi mengintegrasikan Siri dengan mobil melalui fitur Eyes Free. Layanan ini membuat pengendara lebih nyaman meminta panduan jalan ketimbang harus membuka dan melihat peta.

Jika tak ada aral melintang, pada 2013, Eyes Free sudah bisa dinikmati di mobil buatan vendor tertentu, kecuali Ford. Pasalnya, produsen mobil asal Michigan ini punya kesepakatan lisensi dengan Microsoft.

FACEBOOK
Di iOS 5, Apple menggandeng Twitter. Kini waktunya perusahaan bikinan Steve Jobs itu merangkul Facebook.

Ya, Facebook bukanlah lawan, melainkan kawan. Layanan jejaring pertemanan ini tentu menjadi "magnet" yang kuat lantaran memiliki lebih dari 859 juta anggota di seluruh dunia.

Dengan adanya Facebook App di iOS 6, Anda dapat berbagi foto dan link Safari di Facebook dari dalam aplikasi masing-masing menggunakan tombol Share. Uniknya, Anda dapat mem-posting ke kedua layanan jejaring sosial tadi dengan menggunakan Siri.

SHARED PHOTO STREAM
Ketika pertama kali menggunakan fitur Photo Stream untuk berbagi foto, ada beberapa pilihan untuk membuat foto pilihan Anda bisa dilihat oleh publik terbatas, meski mereka tidak menggunakan perangkat berbasis iOS.

Setelah Anda memilih siapa saja orang yang berhak melihat foto itu, akan ada pemberitahuan di telepon seluler atau komputer tablet penerima. Kemudian mereka dapat membuka gambar melalui aplikasi foto sebagaimana biasa. Sementara itu, pemilik gadget non-iOS bisa membuka gambar melalui web page.

TELEPON
Biasanya, saat ada panggilan masuk, Anda dapat menjawab dengan menyapukan jari pada layar atau menekan tombol sentuh di bagian atas layar untuk menolak menjawabnya.

Pada iOS 6, Anda bisa memilih dua jawaban ketika ponsel berdering: Remind Me Later atau Replay with Message.

Di sini, Anda juga bisa meminta iPhone memblokir semua panggilan dan notifikasi yang masuk dengan mengaktifkan fitur Do Not Disturb. Meski demikian, Anda tetap bisa dihubungi oleh orang-orang pilihan.

Satu lagi sentuhan berbeda. Apabila ada panggilan telepon yang masuk lebih dari sekali dalam tempo tiga menit, iPhone bakal menjerit-jerit dengan asumsi itu adalah keadaan darurat.

PETA
Apple memberi nuansa baru pada layanan peta di iOS 6. Perlu diketahui, selama ini belum banyak perubahan sejak Peta hadir pada 2007.

Seperti sudah bisa diterka, Apple tak lagi memakai jasa Google sebagai penyedia layanan database peta.

Apple memilih memberdayakan insinyurnya dan membangun aliansi dengan perusahaan yang bekerja dalam pelayanan pemetaan melalui kesepakatan Open Street.

Tampilan antarmuka Peta kini lebih bersih. Ada panah penunjuk arah, sebuah kotak tempat mengetik lokasi, dan bookmark terlihat di bagian atas menu.

Tampilan grafis pada aplikasi peta ini berbasis vektor, sehingga mampu menampilkan gambar yang halus dan teks yang tajam. Anda juga bisa memutar atau memiringkan peta dengan menggerakkan dua jari. Ada pula fitur Flyover supaya gambar peta tampil dalam versi tiga dimensi.

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More