Sunday, August 26, 2012

saksi BUNTUnya integra!

Postingan ini saya rancang berdasarkan dengan kenyataan yang berada di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Di setiap awal masuk perkuliahan, setiap mahasiswa pada jurusan tertentu melakukan submit Formulir Rencana Studi yang gaulnya disebut FRS-an. Mungkin sebagian mahasiswa Indonesia mengerti akan hal ini karena juga melakukan FRS-an. Yah memang FRS ini sudah menjadi agenda per semester bagi mahasiswa.
FRS adalah formulir rencana studi sebagai tools mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang sesuai dengan jadwal dan dosen yang diinginkan. Kebanyakan FRS ini digunakan ajang untuk mengadu nasib tentang kelanjutan kehidupan mahasiswa di hari perkuliahan. Bagaimana tidak, semua mahasiswa menginginkan kuliah dengan waktu yang sesuai dg keinginan dan pasti dengan dosen yg memenuhi kriteria. Jika tidak, ke-zonk-an akan senantiasa menghantui mahasiswa yang salah perhitungan dalam melakukan FRS. 

Di hari ini Senin 27 Agustus 2012, seluruh mahasiswa ITS melaksanakan FRS-an secara serentak pada jam, menit dan detik yang sama. Bisa dibayangkan kan gimana cemas dan sibuknya kami FRS-an? Semua mahasiswa berbondong-bondong untuk ngampus pagi-pagi buta, yang ga kebiasa bangun jam 6 kali ini melek dari subuh, yang biasanya sarapan sekarang ga peduli sama perutnya walaupun lapernya setengah mati. Yang mandinya perlu berjamjam, sekarang cuma sempet mandi bebek (#mulaingelantur). Pokoknya semua mahasiswa ITS berasa berlomba-lomba buat menangin undian hidup matinya kuliah.

Bayangin aja website paling famous dan digandrungi arek ITS kalo pas FRS bukan lagi 9gag ataupun twitter, tapi website keramat yang disebut "integra.its.ac.id". Wuss luama banget website ini gak kebuka selama masa aktif perkuliahan, tiba-tiba hari ini jadi website paaaaaaaaaaaaallllliiinnnggggg sibuk melayani akses mahasiswa. Gimana tidak, 1 website dengan layanan FRS diakses oleh hampir 12000 mahasiswanya. Yahh bisa dibayangin segimana rempongnya server integra untuk me-nyervis kita.

Nah sekarang permasalahan yang sudah lama dirasakan para mahasiswa dari jaman dosenku masih kuliah sampe sekarang sudah ganti generasi, "macet"nya akses integra ketika FRS masih menjadi permasalahan sangat pelik sekali, membuat kebuntuan mahasiswa menjadi tak terhindarkan. Kita semua berharap petinggi kampus mengambil tindakan cepat, gak hanya melihat dan pura-pura tidak tahu akan masalah crucial ini. Gagalnya FRS adalah awal mula kehancuran hidup mahasiswa.

Yaa mungkin sedikit pemikiran yang bisa saya paparkan mewakili suara hati teman-teman mahasiswa. Semoga ada manfaatnya walaupun gak dalam waktu dekat ini. Yah kali aja ada petinggi ITS yang baca :D. amin

Sedikit karikatur unyu untuk mendeskripsikan gimana buntunya mahasiswa waktu FRS-an yang menetukan hidup dan matinya mereka!!!


2 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More