Sunday, January 26, 2014

ga ada yang namanya 'seandainya..'

integra hari ini udah dibuka. setelah sempet 5 hari ditutup buat akses mahasiswa.
ya semua anak ITS, tak terkecuali aku deg-deg liat IP buat semester ini.
muncul beberapa nilai untukku dan laporan IPK yang sudah aku kumpulkan 5 semester ini.

diam sejenak. lalu alhamdulillah. tidak ada yang mengulang. masih tidak jauh dari harapan.
namun tetap terlintas kekecewaan karena aku merasa sudah sangat berusaha menimba ilmu dan meraih nilai maksimal. Tuhan boleh kan aku kecewa?
di samping kekecawaan itu terlintas rasa ikhlas dan berusaha lebih baik lagi. kecewa karena tidak sesuai harapan, namun Allah yang paling tahu. ya, aku cuma mampu mendapatkan ini.

lagi-lagi dalam hati kecilku aku berandai. andai mata kuliah ini dapet segini, andai kemarin final projectku lebih bagus lagi, andai kemarin aku nanya ke bapaknya soal ini... astaghfirullah. aku meringis dan tersadar ini tidak benar. buat apa aku menyesali yang sudah lalu. Allah tidak menyukai hambaNya yang suka berandai-andai.

lantas aku harus pasrah sama takdir kah? naluriku menjawab lagi. bukan pasrah tapi mengusahakan yang aku bisa. bukannya Allah menjanjikan di setiap kesulitan itu selalu datang kemudahan? ya memang benar, takdir adalah yang mutlak, tapi kita harus ingat kan ada takdir yang bisa dirubah dan tidak. dan masalah IP dalam kuliah merupakan takdir yang bisa dirubah sesuai dengan usaha keras kita :)

anggap saja ini teguran Allah agar aku tidak menyia-nyiakan satu semesterku di waktu kuliah. aku memang kurang berusaha untuk mendapatkan apa yang aku mau. masih ada 2-3 semester lagi untuk memperbaiki diri, untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. mungkin karena aku juga kurang berdoa, sehingga Allah menginginkanku untuk mendekat kepadaNya lagi. Allah ingin aku lebih fokus, ingin aku lebih dekat padaNya.

satu hal pelajaran untuk satu semester ini. hasil yang kita capai pasti sebanding dengan usaha kita. jika kita merasa ini tidak adil, sungguh kita adalah orang-orang yang sombong. kuliah adalah salah satu ibadah yang hanya diperuntukkan kepada Allah dan untuk mendapatkan ridhoNya. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Adil :)

No comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More